Sabtu, 28 Juli 2012

Enjoy your life


Suatu hari beberapa alumni Univ. California Berkeley yg sudah bekerja dan mapan dalam karier, mendatangi Profesor kamous mereka yg kini sudah lanjut usia. Mereka membucarakan banyak hal menyangkut pekerjaan maupun kehidupan mereka. Sang Profesor lalu ke dapur dan kembali dg membawa seteko kopi panas dan disebuah mapan ia membawa bermacam2 cangkir, ada yang terbuat dari kaca, kristal, melamine, beling, plastik, keramik, tempurung kelapa, dll. Beberapa cangkir nampak indah dan mahal, tetapi ada yg bentuknya biasa2 saja dan terbuat dari bahan yang murah.
"Silahkan masing2 mengambil cangkir dan menuang kopinya sendiri", sang prof mempersilahkan tamu2nya. Setelah masing2 sudah memegang cangkir berisi kopi, Profesor itu berkata, :"Perhatikanlah bahwa kalian semua memilih cangkir yang bagus dan yang tertinggal kini hanya cangkir murah dan tidak begitu menarik." Memilih yang terbaik adalah hal yang normal, tetapi sebenarnya disitulah persoalannya, ketika kalian tidak mendapatkan cangkir yg bagus, perasaan kalian menjadi terganggu, kalian mulai melihat cangkir2 yang dipegang orang lain dan membandingkannya dg cangkir yg kalian pegang. Pikiran kalian terfokus kepada cangkir, padahal yg kalian nikmati bukanlah cangkirnya melaikan kopinya. "Sesungguhnya kopi itu adalah kehidupan kita, sedangkan cangkirnya adalah pekerjaan, jabatan, uang dan posisi yg kita miliki.
Jangan pernah membiarkan wadah dari kopi mempengaruhi kopi yg kita nikmati. Orang boleh saja menaruh kopi dlm gelas kristal yg sangat mahal dan indah, tetapi belum tentu mereka dapat merasakan nikmat dari kopi tersebut. Artinya, ada sebagian orang yg menurut penglihatan jasmaniah kita mereka begitu beruntung dan bahagia, tetapi belum tentu mereka dapat menikmati indahnya karunia kehidupan yg di berikan..... Dan berbahagialah orang yg meminum kopi dg cangkir dr kristal yg sangat indah lg mahal.....tentu semua akan di hisab....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar