Jumat, 03 Februari 2012

5 Hal Penting yang Ditemukan Donald bebek


1.Film Inception Ditemukan Donald Bebek 


Inception merupakan salah satu film terbaik yang pernah dibuat, film yang dibintangi Leonardo Di Caprio membuat banyak para kritikus dan penonton seringkali bertanya dari manakah ide awal film tersebut. tapi tahukah agan bahwa sebenarnya 8 tahun yang lalu komik Donald bebek telah menemukan ide mengenai film Inception tersebut bahkan beberapa adegan dalam komik tersebut mirip dengan film Inception. Dalam komik donal bebek yang berjudul "Uncle Scrooge in The Dream of Lifetime" menceritakan gerombolan siberat yang berperan sebagai pencuri mimpi dimana mereka masuk kedalam mimpi paman gober untuk mengetahui kode rahasia dari berangkasanya apakah ini mengingatkan agan mengenai adegan awal film Inception. setelah masuk ke dalam mimpi paman gober gerombolan siberat bingung antara mimpi dan realita sehingga mereka harus membawa benda khusus dalam film Inception benda ini dinamai totem. Beberapa kesamaan lainya cerita cinta paman gober dan goldie yg mirip dengan dan mel dalam film inception, metode yg digunakan sama ketika dalam dunia mimpi seperti menggunakan “Kick” untuk menngeluarkan seseorang dari mimpi, jika mati akan terperangkap dalam mimpi dsb. Walaupun Nolan(produser dan penulis film Inception) menolak anggapan bahwa dia mencontoh ide dari komik Donald bebek tapi yang jelas komik tersebut merupakan awal dari lahirnya Film “Inception”

2.Komik Donald Bebek Mengipirasi Film Indiana Jones 



Indiana Jones merupakan salah satu film master piece yang diproduseri oleh Steven Spielberg sehingga jika agan suka film2 Indiana Jones berterima kasihlah pada komik donal bebek mengapa karena dalam film Indiana Jones : Raiders dari Lost Ark secara terbuka Spielberg dan Lucas mengaku terinspirasi dari komik Donald bebek dalam beberapa adeganya. Spielberg mengakui bahwa adegan ketika Indy mencuri reliq yang kemudian dikejar oleh batuan besar didapatnya dari komik Donald yang berjudul Paman Gober The Seven Cities of Cibola, sedangkan Lucas yg mengarap adegan ketika Indy dikejar oleh suku setempat terinspirasi dari komik Donald yg berjudul the Prize of Pizarro. jadi selayaknya Donald mendapatkan piala Oscar seperti Steven Spielberg

3.Donald Penemu Metode Mengangkat Kapal yg Tenggelam 



Bagaimana jika komik mengalahkan seorang ilmuwan. Pada tahun 1964, sebuah kapal barang terbalik di lepas pantai Kuwait, menyebabkan masalah, karena kapal tersebut berisi 5.000 domba, yang tenggelam dan membusuk di dekat area air minum Kuwait dan membahayakan konsumsi air Kuwait. Jadi seorang ilmuwan asal Denmark Karl Kroyer merancang sbuah tehnik untuk mengangkat kapal tersebut dengan cara mengisi kapal yg tenggelam dengan bola apung kecil yg disuntikkan melalui tabung. Daya apung gabungan dari bola tsbt membuat kapal tersebut muncul ke permukaan. Butuh 27.000 bola untuk mengakat kapal tsbt. Lantas apa hubunganya dengan komik Donald, ketika Kroyer ingin mematenkan idenya tersebut dikantor paten Jerman, Inggris dan Belanda di 2 kantor paten dia berhasil mematenkanya tetapi ketika di kantor paten Belanda dia ditolak mereka mengatakan ia mencuri ide dari Donald. Pada tahun 1949, 15 tahun sebelum Kroyer membuat metodenya tsbt, Carl Barks (penulis Donal Bebek) menulis cerita berjudul “The Sunken Yacht” yang menunjukkan Donald berusaha keras untuk menemukan cara murah untuk menaikan kapal Paman Gober yang tenggelam dari dasar laut. Solusi keponakannya adalah untuk menurunkan selang dari permukaan, kemudian dipompa penuh dengan isi bola pingpong. Jadi konsep yang sama dengan Kroyer, Walaupun tidak ada orang yang menuduh Kroyer mencuri ide, Kantor Paten Belanda menganggap buku komik Donald "prior art," sehingga mencegah setiap paten baru pada metode tsbt.

4. Donald Menemukan Molekul Baru 20 Tahun Sebelum Ilmu Pengetahuan Menemukanya 

Donald bebek dan penulisnya Carl Bark telah memberikan kontribusi yg luar biasa kepada ilmu pengetahuan sehingga universitas Cornell menamai asteroid dengan namanya, hal ini setelah sebuah jurnal ilmiah menerbitkan komiknya yg berjudul “the Mad Chemist” dalam komik tersebut diceritakan Donald yang membantu keponakanya dalam tugas kimia terbentur dan menciptakan formula yg diberi nama "Duckmite." Itu hanya sebuah komik sampai 20 tahun kemudian Disney menerima surat dari Joseph B. Lambert di Institut Teknologi California, yg menginformasikan bahwa komik Donald yg diterbitkan di jurnal ilmiah “"The Spin States of Carbenes." Menjadi rujukan dalam menemukan sebuah molekul baru yg bernama Methylene.

 
Rupanya komik Donald bebek yg dibuat oleh Carl Bark secara tidak sengaja menemukan Methylene, yg digambarkan sebagai CH2, hampir 20 tahun sebelum ilmu pengetahuan bisa membuktikan eksistensinya. Anehnya hal ini tidak diketahui Disney melainkan seorang ilmuwan bernama Dr. Gaspar yg juga penggemar komik Donald bebek. Bahkan gilanya setahun kemudian Disney mendapat surat dari ilmuwan Havard yang memberi tahu bahwa Donald tidak hanya menemukan Methylene tapi juga berhasil menggunakan Methylene untuk bereaksi dengan zat lain dalam apa yang kemudian dikonfirmasi untuk menjadi cara ilmiah yang akurat. Beberapa tahun yg lalu sebelum ilmuwan berhasil menemukanya.

5.Paman Gober Menciptakan Manga 


 
Carl Barks adalah penulis paling produktif dalam membuat komik Donald. Dia bertanggung jawab untuk empat dari lima entri dalam daftar ini. Tetapi mungkin kontribusi Bark terbesar adalah pengaruh karakter ciptaanya Paman Gober pada Osamu Tezuka. Tidak mengenali nama itu ? Tenzuka adalah mangaka yang membuat anime Astro Boy dan Kimba the white lion Nah, Tezuka memiliki beberapa julukan, seperti "Bapa Manga," atau "The Godfather Anime." Pekerjaan Tezuka pada dasarnya menciptakan manga setelah Perang Dunia II, yang pada akhirnya meninspirasi munculnya anime. Tezuka sendiri mengatakan bahwa ia berhutang semua ini tidak lain pada paman Gober. Seluruh gaya artistik Tezuka - seperti, mata yg imut dan mulut yang kecil kini menjadi ciri dari gaya animasi Jepang. Karyanya menjadi dasar bagi semua manga, Tezuka telah mengkonfirmasi bahwa dasar untuk karyanya adalah paman Gober dan Miki tikus. Walaupun begitu kedua kartunis ini tidak pernah bertemu namun Tenzuka sempat mengirimi ucapan selamat kepada Bark sebagai rasa terimakasihnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar